Linux Invasi ke Dunia Ponsel

Posted: 20th July 2010 by DM TEAM in Internet, kn0wledge, Technologi, wOrld


Selama satu dekade ini Symbian seolah-olah tidak tergoyahkan kedudukannya sebagai raja Operating System (OS) dalam perangkat ponsel. Bahkan sang Raksasa Microsoft pun harus mengakui keunggulan Symbian setelah jagoannya Windows Mobile tidak sanggup menggusur posisi Symbian. Tetapi kejayaan Symbian selama satu dekade ini menurut beberapa analisis pasar akan segera diakhiri oleh si Pinguin. ha ?? si pinguin ?? Yap.. sapa lagi kalo bukan Linux !!

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini semakin banyak Platform berbasis Linux yang mulai tertanam dalam ponsel, seperti yang saat ini sedang booming dan merayap menuju kepuncak adalah Android yang dikembangkan oleh raksasa search engine Google, selain Android masih ada lagi senjata yang disiapkan oleh Google untuk mencoba merobohkan dominasi Symbian dengan menunggangi Linux, yaitu Chrome OS. Ternyata Google bukan satu-satunya yang mengembangkan OS berbasis Linux, dan saat ini yang sedang bersiap-siap meluncurkan produknya adalah Palm dengan webOS, ada juga duet raksasa Nokia dan Intel dengan MeeGo, juga produsen Ponsel terbesar di AS Samsung Electronics dengan Bada.

Menurut analisis Pasar dari ABI Research dalam sebuah study “Linux Untuk Perangkat Mobile” Linux akan bisa mengakhiri Dominasi Symbian pada tahun 2015. ABI Research memperkirakan OS Linux base ini akan terinstal pada 62% ponsel non-smartphone. Prediksi ini didasarkan pada momentum pertumbuhan ponsel berbasis Linux yang saat ini mulai menunjukkan geliatnya di pasaran. “Jumlah inisiatif berorientasi Linux yang terlihat pada pasar mobile saat ini mengindikasikan bahwa Linux akan menjadi teknologi kunci dari netbook, media tablet, dan perangkat mobile lain pada generasi berikutnya,” terang analis senior ABI Victoria Fodale, seperti kutip dari detikINET. Fodale menyebutkan, meski pasar ponsel sekilas tampak tercerai berai, namun sebenarnya kebanyakan perangkat mobile disatukan oleh Linux dan komponen hulunya. Terutama kernel Linux yang paling memungkinkan banyak vendor untuk berbagi biaya penelitian dan pengembangan. Hal tersebut yang mungkin diyakini menjadi alasan yang paling masuk akal kenapa Linux diprediksi akan semakin cepat berkembang dan semakin mendekati bahkan mengakhiri dominasi Symbian.