Akses Broadband jadi Hak Warga Negara

Posted: 4th July 2010 by DM TEAM in Internet, kn0wledge


Sungguh sangat mengejutkan dan patut dicontoh apa yang telah dilakukan oleh Negara Finlandia ini, negara yang menurut data UN pada tahun 2009 memiliki jumlah penduduk sebanyak 5,3 juta penduduk ini menjadi negara yang pertama didunia dan dalam sejarah yang menjadikan dan menetapkan broadband (jaringan pita lebar) sebagai hak yang berlaku bagi setiap warga negara mulai tanggal 1 Juli 2010, dimana setiap orang Finlandia akan memiliki hak untuk mengakses koneksi Internet broadband dengan kecepatan minimal 1 Mbps (megabit per detik) atau hampir setara dengan akses koneksi Internet dikantor saya yang dipakai secara berjamaah.

Ternyata, penetapan peraturan dan undang-undang tersebut hanya awal, pada tahun 2015 pemerintah Finlandia berjanji akan meningkatkan akan menyediakan kecepatan koneksi Internet untuk setiap orang hingga 100 Mbps !!!
Dengan ditetapkannya dan diberlakukannya hal tersebut, maka mulai 1 Juli, seluruh perusahaan telekomunikasi di Finlandia harus mampu menyediakan jaringan broadband kepada seluruh penduduk dengan kecepatan minimum 1 Mbps.

Menteri Komunikasi Finlandia Suvi Linden menjelaskan pemikirannya dibalik peraturan ini berkata : “Kami melihat peran dari Internet bagi orang Finlandia dalam kehidupan sehari hari. Layanan Internet kini tak hanya untuk hiburan” Ia juga berkomentar dan mengatakan, Finlandia telah bekerja keras untuk membangun masyarakat informasi dan dalam dua tahun yang lalu kami menyadari tak semua orang mendapatkan akses. Sebuah polling menunjukkan bahwa awal tahun ini ditemukan hampir 4 dari 5 orang di seluruh dunia mempercayai bahwa akses Internet adalah hak yang fundamental (mendasar) atau Sekira 96 persen populasi di Finlandia saat ini sudah terhubung ke Internet ( wah berarti yang 4% adalah balita yang belum bisa ngapa2 in yah ??? kerennn!!! ).

Saat ini kita hanya bisa menunggu kapan yah dinegara kita ini akan diberlakukan undang-undang seperti Finlandia dimana masing-masing dari kita memiliki akses koneksi sebesar 1Mb ?? kalo melihat dari perbandingan jumlah penduduknya dimana Indonesia menurut data UN pada tahun 2009 memiliki penduduk sejumlah 230 Juta jiwa atau setara 43,396 kali dari yang dimiliki Finlandia, belum lagi wilayah negara ini yang terbagi atas kepulauan-kepulauan sepertinya akan membutuhkan waktu yang lebih lama deh buat kita-kita untuk ngrasain peraturan ini, Jadi nikmati dan syukuri aja deh apa yang kita miliki sekarang (sambil berharap dan berdoa juga yah..)

source Yahoo!News